Selamat Membaca Semoga Bermanfaat.

 



Oleh    : Miftahul Jannah

Produksi adalah suatu kegiatan yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Salah satu jenis kegiatan ekonomi yaitu produksi, produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang atau jasa. Tujuan produksi antara lain yaitu pertama, berupaya untuk memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya, kedua, menghasilkan barang setengah jadi guna memenuhi kebutuhan produksi selanjutnya. Ketiga, untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Keempat, meningkatkan produksi nasional dalam rangka meningkatkan kemakmuran rakyat. Kelima, memproduksi barang-barang ekspor berarti meningkatkan sumber devisa negara. Keenam, memacu tumbuhnya usaha produksi lain sehingga dapat menyerang pengangguran. Ketujuh, meningkatkan pendapatan masyarakat atau pendapatan negara. Kegiatan produksi memerlukan unsur-unsur yang dapat digunakan dalam proses produksi yang disebut factor produksi.

Secara umum proses produksi adalah kegiatan produksi yang menggabungkan dari satu bagian kebagian yang lain. Artinya, dalam setiap bagian terdapat tahapan yang perlu dilalui baik itu berupa proses menjadi barang atau berbentuk jasa. Ada beberapa tujuan proses produksi diantaranya yaitu. Pertama, memperikan value terhadap barang atau jasa. Kedua, mendapatkan keuntungan sehingga berdampak pada kelangsungan bisnis. Ketiga, menggantikan barang atau jasa yang tidak bisa digunakan (rusak) atau kadaluarsa. Keempat, memenuhi permintaan pasar, baik itu lingkup dosmetik maupun internasional. Kelima, menjaga keberlangsungan bisnis tetap servive.

Dalam jenis proses produksi terbagi menjadi beberapa jangka waktu diantaranya yaitu. Pertama, produksi dengan jangka pendek, jenis produksi ini tidak akan membutuhkan waktu lama. Bahkan, boleh dikatakan produk jika barang itu adalah sesuatu yang instan contohnya, makanan cepat saji seperti bakpia, bertahan sekitar 3-4 hari, sehingga konsumen pun bisa dengan segera menikmati produk tersebut. Kedua, produksi dengan jangka Panjang, jenis proses dengan jangka Panjang pasti membutuhkan waktu lama hal teresebut dpat terlihat contoh seperti budidaya kopi dan sejenisnya. Hitngannya tidak hanya hari atau minggu melainkan bulan

Ada beberapa tahapan dalam proses produksi yang kita ketahui yaitu. Pertama, konsep, ide adalah hal penting sebelum memulai membuat sesuatu. Ide perlu dimatangkan dan kemudian menjadi sebuah konsep Ketika mampu merancang konsep dengan baik maka proses menjadi barang atau jasa akan lebih mudah. Kedua, riset, Ketika selesai merancang konsep maka selanjytnya perlu melakukan riset. Nah, riset bisa dimulai untuk mengetui target pasar.



Mutu pangan atau kualitas pangan adalah nilai dan kualitas yang ditentukan dengan pedoman mengikuti kriteria keamanan pangan dan kandungan gizi pangan. Kualitas dari suatu pangan dapat dinilai dari energi makanan dan umur simpan yang dimiliki nya. Mutu pangan dari suatu produk dikelompokkan menjadi empat jenis mutu yaitu mutu sensorik, mutu fisik, mutu kimia, dan mutu micro biologis. Komuditas pangan pada umumnya berasal dari hewani maupun nabati dengan komponen penyusun yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin, atau mineral.

Bakpia adalah salah satu makanan/kue khas aceh yang sangat diminati oleh masyarakat terutama masyarakat kuala peudawa puntong. Dikuala peudawa puntong ada sebuah pabrik bakpia yang dibangun oleh bapak muhajir, tempat produksinya di desa dan masuk gang ssempit. Usaha bakpia milik bapak muhajir sudah berdiri sejak tahun 2018 sampai sekarang. Bakpia biasa diedarkan ke warung-warung kecil di desa desa dengan menggunakan mobil dan sepeda motor, ada beberapa karyawan yang mengedarkan kue bakpia

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan bakpia diantaranya tepung terigu, minyak goreng, kacang hijau dan gula tepung. Ketertarikan pemilik dalam membuka usaha bakpia karena usaha itu adalah usaha pribadi, untuk menambah omset keluarga, mengurangi pengangguran didasa kuala peudawa puntong, membuat lapangan kerja baru, Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh bapak muhajir selaku pemilik usaha bakpia diantaranya adalah harga bahan pokok terutama harga minyak goreng yang tidak terkendali, harga tepung terigu yang naik turun sedangkan harga bakpia tidak bisa dinaikkan karena factor ekonomi masyarakat yang tidak memungkinkan bapak muhajir untuk manikkan harga bakpia. Dalam penjualan bakpia bapak muhajir tidak menggunakan media sosial.

 

 


x

Related Posts

Seorang yang memiliki kepribadian yang menyendiri, tanpa mengenal dunia luar hanya melalui dunia online.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Subscribe Our Newsletter

    0 Response to "Proses Produksi Bakpia 3 Putra Melalui Standar Mutu Pangan"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel